Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35270
Title: Analisis Berpikir Reflektif Siswa Melalui Model Problem Based Learning pada Materi Asam Basa
Authors: Eka Yulli Kartika
Advisors: Tonih Feronika, M.Pd
Evi Sapinatul Bahriah, M.Pd
Keywords: Berpikir Reflektif;Model Problem Based Learning;Asam Basa
Issue Date: 21-Jul-2017
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa masih terfokus pada rumus, hafalan dan kurang mengaplikasikan konsep yang telah dipelajari sehingga keterampilan berpikir reflektif siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir reflektif siswa melalui model Problem Based Learning (PBL) pada materi asam basa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 9 Tangerang Selatan pada 16 Januari - 01 Februari 2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 39 siswa kelas XI IPA 1. Instrumen yang digunakan yaitu tes essay, lembar observasi, dan LKS. Hasil analisis data dari tes essay menunjukkan bahwa berpikir reflektif siswa dicapai dengan baik. Berdasarkan hasil tes berpikir reflektif siswa secara keseluruhan mendapatkan kategori baik, begitu pula dengan hasil kelompok tinggi, sedang dan rendah memiliki kategori baik. Indikator berpikir reflektif yang memiliki nilai tertinggi yaitu Reacting. Hal ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning baik digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir reflektif siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35270
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
EKA YULLI KARTIKA 1112016200031 Watermark.pdf9.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.