Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35267
Title: Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kesadaran Metakognitif Siswa Pada Materi Laju Reaksi
Authors: Ummu Kalsum Andi Lajeng
Advisors: Burhanudin Milama, M. Pd
Evi Sapinatul Bahriah, M.Pd
Keywords: Kesadaran Metakognitif;Laju Reaksi;Problem Based Learning
Issue Date: 21-Jul-2017
Abstract: Beberapa riset menyatakan bahwa kesadaran metakognitif siswa masih rendah dikalangan peserta didik, hal ini disebabkan karena pembelajaran yang belum memperhatikan proses pemecahan masalah siswa. Salah satu aspek penting dalam proses pemecahan masalah adalah kesadaran metakognitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap peningkatan kesadaran metakognitif siswa pada materi laju reaksi. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Data penelitian kelas eksperimen diambil dari 30 siswa yang berasal dari kelas XI MIA 1 sedangkan kelas kontrol diambil dari 30 kelas XI MIA 2 dengan teknik pengambilan data purposive sampling dan menggunakan angket Metacognitive Activity Inventory (MCA-I) yang dikembangkan oleh Schraw dan Dennison (1994). Data dianalisis menggunakan SPSS 22. Hasil menunjukkan bahwa sig 2 tiled < 0.05 yang artinya tolak H0 atau dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh PBL terhadap kesadaran metakognitif siswa pada materi laju reaksi. Hal ini disebabkan oleh karakteristik PBL yang diterapkan di kelas eksperimen yang mampu memfasilitasi berkembangnya kesadaran metakognitif siswa dalam memecahkan suatu masalah.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35267
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
SKRIPSI Ummu Kalsum Andi Lajeng (WATERMARK).pdf15.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.