Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35265
Title: Perbedaan Saintifik Card Game dengan Direct Instruction Teka-Teki Silang terhadap Retensi Peserta Didik pada Konsep Sistem Gerak
Authors: Mukhti Ayuni
Advisors: Dr. Sujiyo Miranto, M.Pd
Dina Rahma Fadhilah, M.Si
Keywords: Saintifik Card Game;Direct Instruction Teka-Teki Silang;Retensi Peserta Didik;Sistem Gerak
Issue Date: 21-Jul-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan saintifik card game dengan direct instruction teka teki silang terhadap retensi peserta didik pada konsep sistem gerak. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 87 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel penelitian yang pertama berjumlah 35 peserta didik untuk kelas eksperimen I dengan menggunakan saintifik card game. Sampel yang kedua berjumlah 35 peserta didik untuk kelas eksperimen II dengan menggunakan direct instruction teka-teki silang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan daya ingat (retensi) yang berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data retensi kedua kelompok menggunakan uji-t diperoleh hasil t-hitung 2,9 dan t-tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,667, maka thitung > ttabel. Kemudian hasil belajar juga lebih lama tersimpan dengan 25 orang dari 35 peserta didik memiliki tingkat retensi mencapai ≥ 100%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang postif penggunaan saintifik card game dibandingkan dengan direct instruction teka-teki silang terhadap retensi peserta didik pada konsep sistem gerak.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35265
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Mukhti Ayuni 1112016100029 Watermark.pdf43.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.