Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35262
Title: Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Nomograf terhadap Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Sekolah Dasar (Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Cempaka Putih 01 Ciputat Tahun Ajaran 2016/2017)
Authors: Novia Rizwani
Advisors: Dr. Fery Muhamad Firdaus, M.Pd
Keywords: Alat Peraga Nomograf;Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat
Issue Date: 21-Jul-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga nomograf terhadap pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini dilakukan di SDN Cempaka Putih 01 Ciputat, Tangerang Selatan pada kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-A sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pemahaman konsep matematika berbentuk uraian. Data hasil tes dianalisis dengan uji analisis statistik berupa uji pada hasil akhir (pottest). Berdasarkan analisis data hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep yang signifikan antara kedua kelas tersebut yang didasarkan pada hasil pengujian hipotesis uji Independent Sample T-Test pada data posttest (0,001 < 0,05). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga nomograf terhadap pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat dengan besar pengaruh 0,930. Nilai pengaruh tersebut dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s d 82% menunjukkan bahwa alat peraga nomograf memiliki pengaruh dalam ketegori tinggi.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35262
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Novia Rizwani 1113018300007 WATERMARK.pdf27.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.