Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35257
Title: Pengaruh penerapan team assisted individualization terhadap hasil belajar pkn siswa kelas V MI Nurul Yaqiin Ciledug Tangerang
Authors: Dwi Intan Agustini
Advisors: Anis Fuadah Z., M.Pd.I
Issue Date: 21-Jul-2017
Publisher: Fakultas: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqiin Ciledug Kota Tangerang, dari tanggal 7 April 2017-22 April 2017. Subyek penelitian ini berjumlah 58 siswa yang terdiri dari 25 untuk kelas eksperimen dan 28 untuk kelas control. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa pilihan ganda dan lembar observasi untuk mengamati kegiatan proses pembelajaran. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji deskripsi data, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis, dan berdasarkan uji hipotesis yakni Independent Sample t-Test dapat dilihat bahwa taraf sig. (2-tailed) sebesar 0.003, dengan 0.003 < 0.005, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa “Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe team assisted individualization lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar menggunakan pembelajaran konvensional”. Dengan demikian, penerapan model kooperatif tipe team assisted individualization berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35257
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
DWI INTAN AGUSTINI-FITK.pdf15.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.