Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35251
Title: PENGARUH MEDIA GAME EDUKATIF MODIFIKASI POP-UP PIRATE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA KONSEP KESETIMBANGAN BENDA TEGAR
Authors: Mutia Firdausa
Advisors: Erina Hertanti, M.Si
Fathiah Alatas, M.Si
Keywords: Media Game Edukatif, Kemampuan Kognitif Siswa, Kesetimbangan Benda Tegar.
Issue Date: 19-May-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh media game edukatif modifikasi Pop-up Pirate terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep kesetimbangan benda tegar. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di SMA Negeri 10 Tangerang Selatan. Dalam penelitian ini terdapat dua sampel, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group dan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes berupa soal objektif pilihan ganda dan instrumen nontes berupa angket. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik non-parametrik dari Mann Whitney yang dilakukan terhadap data posttest, pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,023. Terlihat bahwa nilai sig (2-tailed) < taraf signifikansi 0,05, sehingga Ho ditolak. Artinya media game edukatif modifikasi Pop-up Pirate terbukti berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa. Selain itu, hasil angket respon siswa terhadap penggunaan media game edukatif juga berada pada kategori baik dengan persentase 74,24. Kata Kunci: Media Game Edukatif, Kemampuan Kognitif Siswa, Kesetimbangan Benda Tegar.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35251
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
Mutia Firdausa-FITK13.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.