Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35250
Title: Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) dan Teknik LKS Berbasis Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa
Authors: Wirna Zahrotun Nisa
Advisors: Dr. Kadir, M.Pd
Moria Fatma, M.Si
Keywords: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Gaya Belajar
Issue Date: 21-Jun-2017
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model problem based learning (PBL) dan teknik LKS berbasis gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di MTsN I Kota Tangerang Selatan pada tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain factorial 2x2, yang melibatkan 64 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data kemampuan berpikir kreatif matematis setelah perlakuan menggunakan instrumen tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan model problem based learning (PBL) lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, 2) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memiliki gaya belajar field independent lebih tinggi daripada siswa yang memiliki gaya belajar field dependent, dan 3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Simpulan penelitian adalah model problem based learning lebih efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa daripada pembelajaran konvensional dan siswa yang memiliki gaya belajar field independent lebih baik kemampuan berpikir kreatif matematis daripada siswa yang memiliki gaya belajar field dependent. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Gaya Belajar
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35250
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
Wirna Zahrotun Nisa-FITK24.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.