Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35249
Title: Pengaruh Teknik Takalintar terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar (Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas III Semester II SDN Cempaka Putih 01 Tahun Ajaran 2016/2017)
Authors: Nisa Auliya
Advisors: Dr. Fery Muhamad Firdaus, M.Pd
Keywords: Teknik Takalintar;Pemahaman Konsep
Issue Date: 21-Jul-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik takalintar terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi perkalian di SDN Cempaka Putih 01 kelas III semester II tahun ajaran 2016/2017. Teknik takalintar merupakan salah satu teknik matematika yang berfungsi untuk memudahkan siswa dalam mengoperasikan perkalian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group, sampel dalam penelitian ini terdiri atas kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pemahaman konsep matematika berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan teknik takalintar lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan teknik takalintar. Data hasil tes dianalisis dengan uji analisis statistik berupa tes akhir (posttest). Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang diperoleh, terdapat perbedaan pemahaman konsep yang signifikan antara kedua kelas tersebut yang dilihat dari hasil pengujian hipotesis uji Independent Sample T-Test pada data posttest (0,002 < 0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh teknik takalintar terhadap pemahaman konsep perkalian dengan besar pengaruh 0,838. Nilai uji pengaruh yang diperoleh menginterpretasikan bahwa teknik takalintar memiliki pengaruh dalam kategori tinggi.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35249
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Nisa Auliya-FITK12.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.