Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35247
Title: PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN RANAH AFEKTIF SISWA TINGKAT SMA PADA PRAKTIKUM KIMIA
Authors: Yuni Noviyanti
Advisors: Luki Yunita, M.Pd
Salamah Agung, Ph.D
Keywords: afektif, pengembangan instrumen, penilaian.
Issue Date: 17-May-2017
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian ranah afektif siswa yang meliputi 5 kecakapan berpikir afektif yaitu receiving, responding, valuing, organizing dan characterizing pada praktikum kimia. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA Negeri di Jakarta dengan jumlah siswa 107 orang yang terbagi dalam 3 kelas. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan dengan model 4P yang dibatasi sampai ke tahap pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Data yang didapat selama penelitian dianalisis secara deskriptif. Instrumen penilaian ranah afektif yang dikembangkan berupa penilaian diri (self assessment) ranah afektif yang terdiri dari 30 butir pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian ranah afektif yang dikembangan memiliki validitas sebesar 0,572 dan reliabilitas sebesar 0,94. Instrumen penilaian ranah afektif yang dikembangkan mendapatkan persentase 85,76% dengan kategori sangat baik dalam pemenuhan syarat instrumen penilaian yang baik menurut Permendikbud Nomor 66 Tentang Standar Penilaian. Kata Kunci: afektif, pengembangan instrumen, penilaian.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35247
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
YUNI NOVIYANT-FITK39.87 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.