Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35245
Title: PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP FLUIDA STATIS
Authors: Rovi Afriana
Advisors: Drs. Hasian Pohan, M. Si
Fathiah Alatas, M.Si
Keywords: Reciprocal Teaching, Purposive Sampling, Hasil Belajar, Fluida Statis.
Issue Date: 19-May-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa SMA pada konsep momentum dan impuls. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Kota Tangerang Selatan. Dalam penelitian ini yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas X IPA 1, sedangkan yang menjadi kelas kontrol adalah kelas X IPA 3. Penentuan sampel dalam penelitian ini berdasarkan teknik purposive sampling. Penelitian ini berlangsung pada bulan Mei 2016. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa tes objektif pilihan ganda. Data hasil instrumen tes dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan analisis data tes, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa pada konsep fluida statis. Hal tersebut didasarkan pada uji hipotesis menggunakan uji T terhadap data posttest. Nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,031, sedangkan nilai taraf signifikansi sebesar 0,05 atau Sig.(2-tailed) < 0,05. Hasil obesrvasi komunikasi siswa berada dalam kategori sedang. Kata Kunci : Reciprocal Teaching, Purposive Sampling, Hasil Belajar, Fluida Statis.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35245
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
Rovi Afriana-FITK9.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.