Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35244
Title: Metode pendidikan dalam perspektif al-qur'an (kajian tafsir terhadap surat An-Nahl Ayat 125-128)
Authors: Annisa Khanza Fauziah
Advisors: Drs. Abdul Haris, M.Ag
Keywords: Metode Pendidikan
Issue Date: 21-Jul-2017
Publisher: Fakultas: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penafsiran surat An-Nahl ayat 125-128, analisis metode pendidikan serta penerapan metode pendidikan yang terkandung dalam surat An-Nahl ayat 125-128. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif melalui library research (kajian studi kepustakaan), dengan cara mengumpulkan data atau bahan-bahan yang berkaitan dengan tema pembahasan dan permasalahannya, yang diambil dari sumber-sumber kepustakaan, kemudian dianalisis dengan metode tahlili, yaitu metode penafsiran ayat-ayat Al-Qur’an yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan uraian-uraian makna yang terkandung dalam ayat-ayat Al-Qur’an. Untuk mendukung penelitian ini, penulis menggunakan sumber utama kitab tafsir, diantaranya Tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Maragi karya Ahmad Mustafa Al-Maragi dan Tafsir Al-Azhar karya Hamka. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis memperoleh bahwa dalam surat An-Nahl ayat 125-128 terkandung metode pendidikan, diantaranya: Pertama, metode hikmah. Kedua, metode mau’izhah hasanah. Ketiga, metode jidâl. Ketiga metode pendidikan di atas dapat diterapkan oleh pendidik dalam proses pembelajaran di kelas.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35244
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ANNISA KHANZA FAUZIAH-FITK.pdf4.87 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.