Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35240
Title: Analisis Miskonsepsi Konsep Asam Basa Siswa SMA/MA di Pandeglang dengan Menggunakan Instrumen Tes Diagnostik Two-Tier
Other Titles: Analisis Miskonsepsi Asam Basa SMA
Authors: Siti Ipah Masripah
Advisors: Salamah Agung, Ph.D
Dewi Murniati, Msi
Keywords: Miskonsepsi, Asam Basa, Tes Diagnostik Two-tier.;Miskonsepsi, Asam Basa, Tes Diagnostik Two-tier.
Issue Date: 7-Jul-2017
Abstract: Miskonsepsi merupakan ketidaksesuaian suatu konsep dengan konsep yang sebenarnya menurut para ilmuan. Materi asam basa merupakan konsep abstrak sehingga siswa dapat mengalami miskonsepsi pada materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana miskonsepsi siswa pada konsep asam dan basa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan ialah instrumen diagnostik Two-Tier dengan jumlah 16 butir soal yang dianalisis menggunakan pemodelan Rasch. Secara umum, siswa SMA/MA di Pandeglang memiliki miskonsepsi pada konsep asam basa sebesar 36% dengan persentasi miskonsepsi masing-masing konsep adalah sebagai berikut: 33,875% untuk konsep teori asam basa; 33% untuk konsep indikator asam basa; 38% untuk konsep kekuatan asam (pH); 43% untuk konsep tetapan kesetimbangan asam basa (Ka/Kb); 33,75% untuk konsep perhitungan pH dan 61% untuk konsep aplikasi penggunaan pH pada lingkungan. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa siswa SMA/MA mengalami mengalami miskonsepsi terhadap konsep asam dan basa. Kata Kunci: Miskonsepsi, Asam Basa, Tes Diagnostik Two-tier.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35240
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
Siti Ipah Masripah-FITK10.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.