Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35238
Title: Penerapan Teori Belajar konstruktivisme pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbantuan Media Video Kelas VII di SMPN 87 Jakarta
Authors: Rizky Wahyuning esa
Advisors: Yudhi Munadi, M.Ag
Keywords: teori belajar konstruktivisme;proses pembelajaran;media video
Issue Date: 21-Jul-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teori belajar konstruktivisme pada pembelajaran pendidikan agama Islam berbantuan media video kelas VII di SMPN 87 Jakarta. Penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi baru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada umumnya, dan khususnya bagi SMPN 87 Jakarta sebagai sekolah yang digunakan sebagai tempat penelitian. Penanyangan media video untuk mengetahui bagaimana pengamatan siswa ketika melihat video tersebut, keingintahuan siswa, menganalisis isi video dan mengkonstruksi pengalaman dan pembelajaran yang siswa pelajari.Pendekatan yang diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam adalah teori belajar konstruktivisme yang berguna melatih kemandirian siswa. didukung oleh metode yang bervariasi yaitu diskusi, the power of two, NHT (Numbered Head Together), bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi problematika belajar. Dengan demikian, akan menjadi interaksi sosial di dalam kelas dan secara psikologis akan berdampak baik bagi siswa apabila metode ini berjalan dengan baik. Guru hanya sebagai fasilitator dan mediator. Hubungan guru dan murid adalah sebagai mitra, yang belajar secara bersama-sama.Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengandengan metode analisis . Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis yaitu adalah melalui observasi yaitu untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran di kelas pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 87 Jakarta, wawancara diperoleh dari para siswa kelas VII-5 SMPN 87 Jakarta, dan dokumentasi yaitu berupa data tentang sekolah dan dokumen selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukan, bahwa pelakasanaan proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 87 Jakarta jika ditinjau dari sudut pandang teori konstruktivisme sudah berlangsung cukup baik serta berkembang dimana yang diutamakan adalah keterlibatan siswa dalam proses belajar.Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengandengan metode analisis . Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis yaitu adalah melalui observasi yaitu untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran di kelas pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 87 Jakarta, wawancara diperoleh dari para siswa kelas VII-5 SMPN 87 Jakarta, dan dokumentasi yaitu berupa data tentang sekolah dan dokumen selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukan, bahwa pelakasanaan proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 87 Jakarta jika ditinjau dari sudut pandang teori konstruktivisme sudah berlangsung cukup baik serta berkembang dimana yang diutamakan adalah keterlibatan siswa dalam proses belajar.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35238
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Rizky Wahyuning Esa-FITK10.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.