Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35234
Title: Pengaruh pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) terhadap pemahaman konsep matematika siswa
Authors: Sumiyati
Advisors: Dr. Kadir, M.Pd
Gusni Satriawati, M.Pd
Keywords: Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA),;Garis dan Sudut;Pemahaman Konsep Matematika
Issue Date: 21-Jul-2017
Publisher: Fakultas: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMPN di Jakarta Barat pada tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Randomized Post-test Only Control Group Design. Sampel penelitian sebanyak 71 siswa terdiri dari 36 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster randdom sampling. Pengumpulan data pemahaman konsep matematika setelah perlakuan menggunakan instrumen tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan pendekatan konvensional. Pemahaman konsep matematika tersebut meliputi indikator interpretting, classifying dan inferring. Capaian pemahaman konsep matematika siswa pada indikator classifying lebih baik dibandingkan indikator interpretting dan inferring. Kesimpulan penelitian ini adalah pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) lebih efektif meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dibandingkan pendekatan konvensional ( =0,20).
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35234
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
SUMIYATI-FITK.pdf39.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.