Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35224
Title: Pengaruh Tayangan Apa Kabar Indonesia TV ONE Terhadap Pengetahuan Santri SMA Pondok Pesantren Daar El-Qolam II Mengenai Makna Radikalisme Islam
Other Titles: --
Authors: Nur Fatkhinnisa Fitria
Advisors: Noor Bekti Negoro
Keywords: Tayangan;Berita;Pengaruh, Pengetahuan;Radikalisme, tvOne
Issue Date: Apr-2017
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: Setiap stasiun televisi berlomba menampilkan program berita paling aktual dan faktual. Salah satu program berita tvOne adalah Apa Kabar Indonesia yang dibungkus dalam bentuk talkshow. Dalam acara tersebut, satu topik yang sedang hangat dibahas secara mendalam dan juga menghadirkan Narasumber yang berkaitan dengan topik tersebut. Tayangan berita televisi merupakan praktik media massa untuk melakukan fungsi media massa sebagai sumber informasi dan juga sebagai fungsi edukasi. Topik yang mendapat perhatian khusus tersebut tentu meninggalkan kesan, efek atau pengaruh kepada penontonnya. Penjabaran di atas menimbulkan pertanyaan, Adakah hubungan antara menonton tayangan Apa Kabar Indonesia di tvOne dengan tingkat pengetahuan penonton terhadap makna radikalisme Islam? Apakah terdapat pengaruh menonton tayangan Apa Kabar Indonesia di tvOne dengan tingkat pengetahuan penonton terhadap makna radikalisme Islam? Adakah pengaruh tayangan terhadap sikap santri setelah menonton tayangan tersebut? Hubungan atau korelasi suatu tayangan dengan pengetahuan penonton dipengaruhi oleh tayangan, lingkungan kehidupan dan intensitas menonton. Jika kualitas tayangan baik, lingkungan hidup yang mendukung serta intensitas yang tinggi, maka akan ada kemungkinan terdapat hubungan antara tayangan dan pengetahuan penonton. S-O-R merupakan singkatan dari stimulus-organism-response. Teori ini berasal dari ilmu psikologi. Namun kini juga digunakan pada ilmu komunikasi karena objek materialnya sama. Kedua ilmu ini memiliki objek material manusia yang jiwanya meliputi komponen-komponen yang diantaranya adalah sikap, opini, kognisi, afeksi dan konasi. Ada tidaknya pengaruh, diteliti dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei. Temuan data dianalisis dengan uji normalitas Kosmogorov-Smirnov, uji regresi linear berganda, uji F-test, uji T-test, uji korelasi berganda dan uji koefisien determinasi. Berpengaruh tidaknya suatu tayangan pada pengetahuan penonton bergantung pada tayangan itu sendiri. Suatu tayangan dapat memberikan pengaruh dilihat dari host, Narasumber yang dihadirkan, konten, durasi tayangan, waktu penayangan dan studio atau latar. Meski tidak signifikan, tetapi keenam hal tersebut tetap memiliki pengaruh kecil terhadap pengetahuan penonton. Hasil penelitian ini adalah tayangan yang memiliki dimensi host, Narasumber, konten, durasi tayangan dan waktu penayangan tidak memiliki hubungan dan pengaruh yang signifikan dengan pengetahuan penonton. Pada dimensi studio atau latar, tidak terdapat hubungan dan pengaruh sama sekali terhadap pengetahuan penonton. Kata Kunci: Tayangan, Berita, Pengaruh, Pengetahuan, Radikalisme, tvOne
Description: vii, 102 hal,; 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35224
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
NUR FATKHINNISA FITRIA-FDK.pdf11.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.