Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35221
Title: Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap keterampilan menulis siswa kelas V MIN 19 Jakarta
Authors: Dian Suci Ani
Advisors: Dindin Ridwanudin, M.Pd
Issue Date: 19-Jul-2017
Publisher: Fakultas: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap keterampilan menulis siswa kelas V. Penelitian ini dilakukan di MIN 19 Jakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Group Pretest-Posttest Design. Subyek penelitian ini adalah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa untuk kelompok eksperimen dan 30 siswa untuk kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes. Tes yang digunakan adalah lembar penugasan. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji deskripsi data, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis, dan berdasarkan uji hipotesis yakni Independent Sample t-Test dapat dilihat bahwa taraf sig. (2-tailed) sebesar 0.021, dengan 0.021 < 0.05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa “Rata-rata keterampilan menulis siswa yang menggunakan strategi kooperatif tipe group investigation lebih tinggi dari rata-rata keterampilan menulis menggunakan metodel konvensional”. Dengan demikian, penggunaan strategi kooperatif tipe group investigation berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35221
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
DIAN SUCI ANI-FITK.pdf5.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.