Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35204
Title: Pengaruh Model Reciprocal Teaching (Pengajaran Berbalik) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa pada Konsep Fungi
Authors: Birril Azizah
Advisors: Dr. Ahmad Sofyan, M.Pd
Yuke Mardiati, M.Si
Issue Date: 19-Jul-2017
Abstract: ABSTRAK Birril Azizah “Pengaruh Pembelajaran Model Reciprocal Teaching (Pengajaran Berbalik) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa pada Konsep Fungi”. Skripsi, Program Studi Biologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model reciprocal teaching terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep fungi. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al-ikhlash Putri Kuningan tahun ajaran 2014-2015. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa pilihan ganda dan non tes berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta penilaian lembar kerja siswa. Analisis data posttest menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung 2,74 dan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,64 atau thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep fungi. Kata kunci: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Hasil Belajar.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35204
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
BIRRIL AZIZAH-FITK32.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.