Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35203
Title: Pengaruh model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap kemampuan literasi sains pada materi fungsi (Penelitian Quasi Eksperimen di SMA Negeri 5 Depok)
Authors: Rahmawati
Advisors: Dr. Ahmad Sofyan, M.Pd dan Dr. Yanti Herlanti, M.Pd
Keywords: sains teknologi masyarakat;literasi sains;fungi
Issue Date: 19-Jul-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi fungi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Penelitian dilakukan di SMAN 5 Depok pada peserta didik kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian berjumlah 43 peserta didik untuk kelas eksperimen dan 45 peserta didik untuk kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan empat instrumen yaitu: tes uraian, lembar observasi sikap kinerja ilmiah, lembar observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran, dan angket. Hasil analisis data menunjukkan nilai N-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kontrol yaitu dengan nilai rata-rata 0,35 (kategori sedang) untuk kelas eksperimen dan 0,24 (kategori rendah) untuk kelas kontrol. Hasil uji t pada taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh thitung = 3,28 dan ttabel = 1,99, sehingga H0 ditolak karena thitung> ttabel, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model STM terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi fungi.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35203
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
RAHMAWATI-FITK.pdf24.52 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.