Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35191
Title: Pengaruh pendekatan problem possing tipe within solution berbasis konteks islami terhadap kemampuan koneksi matematis siswa
Authors: Ardita Agung Asriani
Advisors: Dr. Kadir, M.Pd
Dr. Abdul Muin, S. Si., M.Pd
Issue Date: Jul-2017
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP swasta di Kota Tangerang Selatan, tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran dengan pendekatan problem posing tipe within solution berbasis konteks islami terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain randomized control group posttest only yang melibatkan 2 kelas sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen diterapkan pendekatan problem posing tipe within solution berbasis konteks islami dan kelas kontrol diterapkan pendekatan konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran problem posing tipe within solution berbasis konteks islami lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t memberikan hasil yang sangat signifikan, dengan nilai signifikansi 0,0065 < 0,05 (taraf signifikansi yang ditetapkan). Pengujian yang didasarkan pada nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 62,23 memberikan nilai kuasa uji sebesar 0,712. Hal ini menyatakan bahwa rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa pada kelas dengan pendekatan problem posing tipe within solution berbasis konteks islami sebesar 62,23 menunjukkan nilai yang lebih besar dari nilai rata-rata kelas dengan pendekatan konvensional. Kata kunci : Problem Posing, Konteks Islami, Koneksi Matematis.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35191
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ARDITA AGUNG ASRIANI-FITK.pdf20.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.