Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35190
Title: Peranan guru pendidikan agama islam dalam membina akhlak karimah siswa di MTs Negeri 7 model Jakarta
Authors: Intan Rabiatul Adawiyah
Advisors: Drs. H. Masan AF, M. Pd
Issue Date: 9-May-2017
Publisher: Fakultas: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Karimah Siswa di MTs Negeri 7 Model Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak karimah siswa di MTs Negeri 7 Model Jakarta, dan untuk mengetahui perilaku siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2016 – Februari 2017. Tugas seorang guru Pendidikan Agama Islam bukan hanya memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya, akan tetapi harus mampu membentuk pribadi siswa sesuai dengan tuntunan dan ajaran Islam. Tidak hanya membentuk akhlak baik siswa, namun juga membinanya menjadi individu yang berakhlak mulia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus, dengan menggunakkan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam mendeskripsikan hasil wawancara, penelitian ini menggunakan observasi, dan dokumentasi sebagai penguat terhadap data yang diperoleh dari hasil wawancara terhadap kepala sekolah, 4 guru Pendidikan Agama Islam, wakil bidang kesiswaan, guru Bimbingan Konseling, dan 3 siswa kelas XI. Pemeriksaan atau pengecekan keabsahan datanya menggunakan derajat kepercayaan (credibility), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Sedangkan teknik analisis data melalui empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru Pendidikan Agama Islam berperan aktif dalam membina akhlak karimah siswa di MTs Negeri 7 Model Jakarta. Guru berperan sebagai partisipan: memberikan keteladanan bagi siswa, pembiasaan mengucapkan salam, berpakaian Islami, dan memberikan teguran kepada siswa yang melakukan perilaku kurang baik. Guru berperan sebagai pemimpin: mengajak siswanya untuk shalat Zuhur berjamaah, dan menjaga kebersihan. Guru berperan sebagai motivator: memotivasi siswanya untuk berakhlak mulia. Perilaku siswa di MTs Negeri 7 Model Jakarta dapat dikatakan cukup baik. Kata Kunci: Akhlak Karimah, Peran Guru Agama Islam
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35190
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
INTAN RABIATUL ADAWIYAH-FITK4.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.