Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35185
Title: Budaya Literasi dalam Pembentukan Karakter Siswa (Analisis Deskriptif pada Siswa Kelas Rendah MI Pembangunan UIN Jakarta)
Authors: Chitra Sari Nilalohita
Advisors: Dindin Ridwanudin, M.Pd
Issue Date: 18-Jul-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi budaya literasi di Madrasah Ibtidaiyah Pembangunan UIN Jakarta khususnya pada siswa kelas rendah. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter siswa yang salah satunya diperoleh melalui budaya literasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods, strategi yang digunakan adalah strategi Embeded/Nested Konkuren, yang dalam pelaksanaannya peneliti mengumpulkan data kualitatif dan data kuantitatif dalam waktu yang bersamaan. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala perpustakaan sekaligus ketua literasi, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan waktu penelitian, Confirmability (Objektivitas), triangulasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya literasi telah diimplementasikan di MI Pembangunan UIN Jakarta pada tahap pembiasaan, yang diterapkan melalui pembiasaan membaca selama 15 menit, menghadirkan lingkungan sekolah yang kaya literasi, serta mengoptimalkan fungsi perpustakaan yang dikemas dalam Gerakan Literasi Madrasah Pembangunan (GLMP). Program ini belum secara maksimal dilaksanakan sebab guru memiliki kendala waktu, kurangnya pengawasan dan evaluasi, kesulitan mengkondisikan siswa, serta beberapa siswa yang belum lancar membaca juga menjadi faktor penghambat. Di samping faktor penghambat tersebut, program ini mendapatkan dukungan penuh dari orang tua siswa demi tercapainya tujuan dari budaya literasi. Selain itu, pembentukan karakter siswa di sekolah terlihat dari tingkah laku siswa setiap hari. Nilai-nilai kejujuran tampak pada saat siswa mengerjakan tugas. nilai-nilai karakter disiplin tampak dalam hal berpakaian, ketepatan waktu, mengerjakan pekerjaan rumah, dan lain-lain. Nilai-nilai karakter rasa ingin tahu siswa tercermin dari kebiasaan siswa bertanya pada guru mengenai pelajaran, hal-hal yang mereka baca, dan lain-lain. Pembentukan karakter melalui budaya literasi ini terus dibiasakan untuk membentuk karakter siswa ke arah yang lebih baik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35185
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Chitra Sari Nilalohita-FITK9.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.