Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35177
Title: Pengaruh metode role playing dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada konsep sistem peredaran darah manusia
Authors: Anggit Permatasari
Advisors: Ahmad Sofyan
Dina Rahma Fadlilah
Keywords: metode role playing;motivasi belajar;hasil belajar kognitif
Issue Date: 12-Jul-2017
Publisher: Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode role playing dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 86 Jakarta pada bulan Oktober 2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (eksperimen semu), sampel diambil secara acak (simple random sampling). Banyaknya sampel yang digunakan adalah 64 dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar kognitif dan kuesioner untuk mengukur motivasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji statistik Analisis Varian (ANAVA) dengan taraf signifikan 0,05 menggunakan program spss versi 20. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif, terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif, dan terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar yang memberikan pengaruhnya terhadap hasil belajar kognitif. Hasil uji Tukey menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif peserta didik yang memiliki motivasi tinggi pada kelas eksperimen yang menggunakan metode role playing lebih signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35177
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ANGGIT PERMATASARI-FITK.pdf18.55 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.