Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35175
Title: Analisis kualitas pelayanan suku dinas perpustakaan dan kearsipan kota administrasi Jakarta Selatan dalam dimensi LibQUAL
Authors: Zakiah Noor Aisyah
Advisors: Ida Farida
Keywords: LibQUAL+TM;kualitas pelayanan
Issue Date: 13-Jul-2017
Publisher: Fakultas Adab dan Humaniora
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan di Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan berdasarkan harapan minimum, persepi dan harapan ideal pemustaka dengan menggunakan metode LibQUAL+TM . Pengukuran dilakukan berdasarkan tiga dimensi yang dijadikan indikator pengukuran yaitu Affect of Service, Information Control dan Library as Place. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner. Sampel pada penelitian ini yaitu anggota Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan dari 2014 sampai dengan bulan Februari 2017, sebanyak 3.377 orang yang dibatasi menggunakan rumus Slovin, maka didapatkan jumlah responden sebanyak 97 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dimana sampel yang terpilih adalah anggota perpustakaan yang telah berkunjung minimal 2 kali. Hasil penelitian menyatakan bahwa kualitas pelayanan berdasarkan dimensi affect of service (kinerja petugas dalam pelayanan) diperoleh AG (Adequacy Gap) negatif dengan skor -0,06 dan SG (Superiority Gap) negatif dengan skor -2,05. Pada dimensi information control (kualitas informasi dan akses informasi) diperoleh AG (Adequacy Gap) negatif dengan skor -0,38 dan SG (Superiority Gap) negatif dengan skor -2,23. Sedangkan pada dimensi Library as Place (sarana perpustakaan) diperoleh AG (Adequacy Gap) positif dengan skor 1,02 dan SG (Superiority Gap) negatif dengan skor -0,53. Kualitas pelayanan secara keseluruhan dari tiga dimensi LibQUAL+TM di Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan diperoleh AG (Adequacy Gap) bernilai positif dengan skor 0,19 yang menunjukkan bahwa pemustaka merasa cukup puas dan SG (Superiority Gap) bernilai negatif dengan skor -1,61 yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dinilai baik dan berada dalam zona toleransi/zone of tolerance, namun belum mampu memenuhi harapan ideal yang diinginkan oleh pemustaka.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35175
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ZAKIAH NOOR AISYAH-FAH.pdf7.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.