Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35155
Title: Penilaian Kreativitas Siswa SMA Menggunakan Tugas Portofolio Online Melalui Jejaring Facebook Pada Konsep Sistem Gerak Manusia
Authors: Wulan Apriani
Advisors: Nengsih Juanengsih, M.Pd
Ahmad Danial, M.Si
Keywords: Kreativitas, Tugas Portofolio Online, Facebook, Sistem Gerak Manusia
Issue Date: 17-Jul-2017
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menilai kreativitas siswa SMA menggunakan tugas portofolio online melalui jejaring Facebook pada konsep sistem gerak manusia. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 10 Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan subjek penelitian secara purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 3 tahun ajaran 2016/2017, yang berjumlah 38 siswa. Instrumen yang digunakan adalah rubrik kreativitas, format penilaian diri (self assesment), angket siswa, dan pedoman wawancara guru. Tugas portofolio online digunakan untuk menilai kreativitas dengan melihat perkembangan siswa dalam menciptakan suatu karya. Penilaian kreativitas melalui rubrik dengan menganalisis tugas poster dan laporan praktikum siswa. Indikator kreativitas terdiri dari kelancaran, keluwesan, keaslian dan keterperincian. Facebook sebagai media sosial dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang meningkatkan kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kreativitas siswa baik dengan menggunakan tugas portofolio online. Tugas pembuatan poster menunjukan persentase kreativitas siswa lebih tinggi dibandingkan dengan tugas pembuatan laporan praktikum, yaitu sebesar 67,43% dengan kategori baik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35155
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Wulan Apriani-FITK22.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.