Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35153
Title: Online shop dan perilaku konsumtif mahasiswi jurusan pendidikan IPS fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Authors: Desty Rahmayanti
Advisors: Drs. Syaripulloh, M.Si
Maila Dinia Husni Rahiem, Ph.D., M.A.
Issue Date: 24-May-2017
Publisher: Fakultas: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Desty Rahmayanti “Online Shop dan Perilaku Konsumtif Mahasiswi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta”. Penelitian ini adalah mengenai perilaku konsumtif mahasiswi dengan adanya online shop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang ditimbulkan online shop terhadap perilaku konsumtif mahasiswi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dimana metode ini menggambarkan bagaimana keadaan yang sebenarnya dari fenomena yang diteliti, untuk dapat menggambarkan, meringkaskan berbagai kondisi, situasi atau fenomena realitas yang mampu menjadi objek penelitian agar lebih mendalam ke sasaran penelitian. Dalam pengumpulan data, teknik yang peneliti gunakan dengan melakukan wawancara dan mengumpulkan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini adalah 10 mahasiswi jurusan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana online shop mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswi jurusan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Adapun penyebabnya adalah mahasiswi berfikir bahwa online shop lebih efisien dalam waktu, terlebih strategi pemasaran yang disajikan melalui iklan serta banyaknya potongan harga yang diberikan menjadi salah satu yang efektif serta mampu menjadi daya tarik sendiri bagi konsumen. Kemudian harga yang ditawarkan online shop lebih terjangkau dibandingkan dengan harga di pasar tradisional. Selain itu, adanya pengaruh kerabat dalam hal pengambilan keputusan yang tanpa disadari seseorang akan meminta pendapat orang lain atau mencari ulasan tentang suatu barang yang sudah banyak digunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membeli suatu barang. Kata Kunci: Online Shop, Perilaku Konsumtif, Mahasiswi.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35153
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
DESTY RAHMAYANTI-FITK.pdf8.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.