Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35151
Title: Pengaruh Situation Based Learning (SBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa
Authors: Riezky Romadhona
Advisors: Dr. Gelar Dwirahayu, M.Pd
Dra. Afidah Mas'ud
Issue Date: 21-Jun-2017
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: ABSTRAK Riezky Romadhona (1112017000015). “Pengaruh Situation Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa”. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Mei 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Situation Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di MAN 19 Jakarta tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain randomized control group posttest only. Sampel penelitian diperoleh sebanyak dua kelas dengan teknik cluster random sampling yang melibatkan 68 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data setelah perlakuan dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan model Situation Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional (p-value = 0.001< 0.05). Secara deskripsi dapat dilihat dari nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis pada kelas yang diajarkan dengan model Situation Based Learning sebesar 67.65 dan model pembelajaran konvensional sebesar 53.92. Pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan model Situation Based Learning pada aspek berpikir luwes sebesar 83.82% dan aspek berpikir asli sebesar 51.47%. Sedangkan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pad aspek berpikir luwes sebesar 65.69% dan aspek berpikir asli sebesar 42.16%. Dengan demikian, pembelajaran matematika dengan menggunakan model Situation Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kata kunci : Berpikir Kreatif Matematis, model Situation Based Learning.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35151
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
Riezky Romadhona-FITK13.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.