Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35143
Title: Pemanfaatan Buku Teks Tematik Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Tematik pada Kelas IV MI/SD Kecamatan Ciputat Kota tangerang Selatan
Authors: Nurhayati
Advisors: Asep Ediana Latip, M.Pd.
Anis Fuadah Z., M.Pd.I.
Keywords: buku tematik guru, buku tematik siswa, pembelajaran tematik
Issue Date: 14-Jul-2017
Abstract: Nurhayati (1113018300040) Pemanfaatan Buku Teks Tematik Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Kelas IV MI/SD di Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan ABSTRAK Kurangnya pemanfaatan buku teks tematik guru dan siswa sebagai sarana pembelajaran dan kesulitan siswa dalam menggunakan buku tematik sebagai pedoman membuat peneliti terinspirasi melakukan penelitian tentang Pemanfaatan Buku Teks Tematik Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Tematik pada Kelas IV MI/SD Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan.tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan buku teks tematik guru dan siswa dalam pembelajaran tematik pada kelas IV MI/SD kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini diambil menggunakan instrumen analisis dokumen, observasi, dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian diketahui bahwa, penggunaan buku teks tematik guru dan siswa di SD/MI kecamatan Ciputat kota Tangerang Selatan sudah efektif dalam kriteria cukup. Dikatakan cukup karena penggunaan buku teks tematik guru dilihat pada penyusunan RPP menunjukan keefektifan 68,5%, pelaksanaan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) menunjukan keefektifan 65,9%, dan respon guru menunjukan keefektifan 84,5%. Buku teks tematik guru digunakan sesuai dengan kegunaan yaitu membantu guru dalam menyusun RPP dan sebagai pedoman dalam menggunakan buku siswa. Di samping itu, penggunaan buku teks tematik siswa dikatakan cukup, dilihat pada pelaksanaan KBM menunjukan keefektifan 70,2% dan respon siswa menunjukan keefektifan 77%. Buku teks tematik siswa digunakan sesuai dengan kegunaan yaitu membantu siswa belajar secara mandiri, membuat kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan, dan mudahkan siswa dalam belajar. Untuk perbaikan dan penelitian selanjutnya, saran yang dapat diberikan adalah diperlukan adanya pelatihan terhadap pendidik bagaimana cara mengembangkan serta memanfaatkan berbagai jenis sumber belajar terutama buku tematik guru dan siswa. Serta guru mampu memaksimalkan lagi pemanfaatan buku tematik dengan baik serta lebih mengefektifkan pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35143
Appears in Collections:Buku

Files in This Item:
File SizeFormat 
Nurhayati.pdf9.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.