Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35100
Title: Pengaruh model pembelajaran the learning cell terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa
Authors: Adelina Fitriyani
Advisors: Kadir
Gusni Satriawati
Keywords: model pembelajaran the learning cell;kemampuan komunikasi matematis
Issue Date: Jul-2017
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran The Learning Cell dan pembelajaran konvensional serta menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran The Learning Cell terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP di Tangerang Selatan tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Two Group Randomized Subject Post-Test Only. Sampel penelitian sebanyak 87 siswa terdiri dari 44 siswa kelompok eksperimen dan 43 siswa kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan instrumen tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran The Learning Cell lebih tinggi dibandingkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Indikator kemampuan komunikasi matematis pada penelitian ini adalah merepresentasikan benda nyata, gambar, diagram atau tabel dalam bentuk ide dan atau simbol matematika, kemudian menjelaskan ide, situasi dan relasi matematika secara tulisan dengan menggunakan benda nyata, gambar, dan ekspresi aljabar serta menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika atau menyusun model matematika suatu peristiwa (r^2 = 10,38%)
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35100
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
skripsi adelina fitriani watermark.pdf6.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.