Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35099
Title: Pengaruh pembelajaran graphic organizer tipe four corners and a diamond terhadap kemampuan koneksi matematis siswa
Authors: Aini Alfiyah
Advisors: Dr. Kadir, M.Pd
Gusni Satriawati, M.Pd
Keywords: Pembelajaran graphic organizer tipe four corners and a diamond
Issue Date: Jul-2017
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pembelajaran graphic organizer tipe four corners and a diamond terhadap kemampuan koneksi matematis siswa.penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Depok tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Sampel penelitian sebanyak 85 siswa terdiri dari 43 siswa kelas eksperimen dan 42 siswa kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data kemampuan koneksi matematis siswa setelah perlakuan dengan menggunakan instrumen tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran graphic organizer tipe four corners and a diamond lebih tinggi daripada kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Kemampuan koneksi matematis tersebut meliputi 4 indikator yaitu, mencari hubungan berbagai representasi konsep atau prosedur, menerapkan konsep dengan situasi baru, menerapkan hubungan antar topik, dan menerapkan hubungan antar topik matematika dengan disiplin ilmu lain. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan pembelajaran graphic organizer tipe four corners and a diamond berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis siswa (d=1.04 )
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35099
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
skripsi Aini Alfiyah-watermark.pdf25.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.