Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35037
Title: Strategi bauran pemasaran umrah aerohajj PT. Aero Globe Indonesia dalam meningkatkan perolehan jamaah
Other Titles: --
Authors: Nurul Aini
Advisors: Ade Marfuddin
Keywords: strategi, bauran pemasaran
Issue Date: Mar-2017
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 2017
Series/Report no.: --;--
Abstract: Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Dengan antusiasme masyarakat Indonesia dalam menyempurnakan rukun islam yang ke-5 yaitu melaksanakan ibadah haji sangatlah besar. Hal tersebut dapat diliat dari waiting list yang selalu meningkat lebih lama bagi haji regular. Terkait masalah tersebut Kementrian Agama membuka kesempatan kepada masyarakat untuk membuka penyelenggara ibadah haji dan umroh untuk swasta sebagaimana yang tertulis dalam Undang-Undang No 13 Tahun 2008. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran dengan tahapan pemasaran pada Aerohajj PT. Aero Globe Indonesia yang merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia Grup dan berpusat di Tebet, Jakarta dan difokuskan pada periode 2011 sampai 2015, dengan perumusan masalah untuk mengetahui strategi bauran pemasaran (marketing mix) berupa 4P (Product, Price, Place, Promotion) dan aplikasinya di travel tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mengorganisir sesuai data melalui observasi, wawancara langsung dengan pihak Aerohajj PT. Aero Globe Indonesia yang kemudian menjadi sumber data sekunder. Dari hasil penelitian, penulis mendapatkan beberapa temuan, diantaranya adalah mengetahui bahwa di dalam strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang terbagi dari 4P serta dengan tahapan pemasaran dan keberhasilan Aerohajj dalam meningkatkan perolehan jamaah, yaitu; Pertama, strategi produk Aerohajj selalu mengikuti perkembangan trend di industry haji dan umroh serta Aerohajj mengembangkan berbagai variasi paket sesuai dengan permintaan pasar. Untuk strategi harga yakni dengan menetapkan kebijakan harga yang sama dengan pasaran. Lalu strategi distribusinya dengan penentuan lokasi kantor pusat dan menyebar kantor perwakilan di tempat yang strategis serta Aerohajj memiliki strategi memperluas jaringan distribusi dengan mengajak para alumni menjadi agen kemitraan penjualan dan bekerja sama dengan perusahan dalam menyalurkan produknya. Kemudian untuk strategi promosinya, Aerohajj menggunakan pemasaran langsung, penjualan secara langsung, dan promosi penjualan. . Lalu berdasarkan tahapan pemasaran, segmentasi pasar yang dilakukan perusahaan ini lebih memfokuskan pada pembagian segmentasi berdasarkan demografi atau sosio-ekonomi dan dalam targeting, aerohajj menentukan target pasarnya kepada seluruh lapisan masyarakat muslim di Indonesia. Dan dalam positioning, Aerohajj memberikan pelayanan dengan akrab dan ramah sehingga konsumen memberikan kesan yang baik terhadap perusahan. Kedua, dalam periode 2011 sampai 2015 Aerohajj mengalami peningkatan perolehan jamaah setiap tahunnya namun di tahun 2014 Aerohajj mengalami penurunan perolehan jamaah sebesar 544 jamaah, angka tersebut turun dua kali lipat dari tahun sebelumnya yakni memperoleh ii peningkatan jamaah sebesar 419 jamaah dan hal tersebut dikarenakan pada tahun itu telah terjadi isu virus mers yang mengakibatkan jamaah takut berangkat dan juga dengan adanya masalah visa dari kementrian Saudi Arabia sehingga keberangkatan umroh direschedule yang menyebabkan sebagian jamaah tidak berangkat. Dari strategi yang diterapkan Aerohajj PT. Aero Globe Indonesia mengharapkan dapat terus meningkatkan perolehan jamaah setiap tahunnya. Kata Kunci : Strategi, Bauran Pemasaran
Description: viii, 82 hal,; 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35037
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
NURUL AINI-FDK.pdf1.47 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.