Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35010
Title: Pengaruh strategi pembelajaran konflik kognitif terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem ekskresi
Authors: Dian Ratna Sari
Advisors: Dr. Sujiyo Miranto, M.Pd
Meiry Fadilah Noor, M.Si.
Issue Date: Jul-2017
Abstract: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experimental method). Populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 7 Tangerang Selatan, yang terdiri dari 4 kelas jurusan MIA. Sampel penelitian diambil dengan teknik Cluster Random Sampling, yang kemudian didapat kelas XI MIA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode pretest and postest untuk mengetahui kemampuan awal dan tes hasil belajar biologi siswa. Teknik uji prasyarat analisis data dengan uji Lilliofers untuk uji normalitas data dan uji Fishers untuk uji homogenitas data. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan analisis uji t untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3.98 > 2,00 dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh strategi pembelajaran konflik kognitif berpengaruh terhadap hasil belajar di kelas eksperimen maupun kelas kontrol yang diberikan pelakuan dengan menggunakan metode kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division)., hal ini disebabkan perbedaan karakteristik siswa yang mampu menerima materi sebelum diberikan perlakuan baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35010
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
Dian Ratna Sari-FITK8.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.