Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35009
Title: Pengaruh pendekatan pembelajaran brain-based learning terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep sistem peredaran darah manusia
Authors: Becik Anggitani
Advisors: Dr. Ahmad Sofyan, M.Pd
Eny S. Rosyidatun, S.Si, M. A
Issue Date: 10-Jul-2017
Abstract: Becik Anggitani. 1111016100060. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia (Kuasi Eksperimen di MTs Nurul Islam Bekasi). Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, akultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran brain-based learning ( BBL ) terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep sistem peredaran darah manusia. penelitian ini dilakukan di MTs Nurul Islam Bekas. Metode penelitian yang digunakam adalah kuasi eksperimen dengan desain one group pretest - posttest design. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. penentuan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan secara acak (random). Sampel penelitian berjumlah 27 siswa untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol 26 siswa. instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, yang berupa tes pilihan ganda yang diuji validitas dan reliabilitasnya. analisis data dua kelompok menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung 2,17 dan ttabel 2,00 pada taraf signifikan a: 0, 005. maka thitung > ttabel. hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran brain-based learning terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep sistem peredaran darah manusia
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35009
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
Becik Anggitani-FITK98.98 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.