Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35007
Title: Fa'aliyah Ittiba' At-Thoriiqoh As-Samiyyah As-Syafawiyyah Fii Mahaaroh Al-Istimaa' Lada Tulaab As-Sofi As-Saabi Fii Madrosah Sullamul Istiqomah Al-Mutawassithoh Al-Islamiyyah Bekasi
Authors: Dhia Maulida Hasan
Advisors: Siti Uriana, M.Ag
Issue Date: 15-Jun-2017
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang metode audiolingual dalam kemahiran mendengarkan, mengkaji tentang minat siswa siswi di madrasah dalam pembelajaran Bahasa Arab, dan menganalisis tingkat efektivititas metode ini pada kemampuan siswa dalam mendengarkan. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII Tahun Ajaran 2016/2017 Mts Sulamul Istiqomah Bekasityang berjumlah 129 orang. Sampel penelitian terdiri atas 46 siswa, peneliti mengambil 23 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 23 siswa sebagai kelompok kontrol. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan rumus t-test untuk mengetahui efektivitas penggunaan kemahiran mendengarkan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara dan memberikan tes tulis (pretest-posttest). Setelah penggunaan kemahiran mendengarkandalam kegiatan kosa kata dan percakapan serta dikte, terlihat adanya efektivitas dari siswa baik pemerolehan pemahaman mengetahui kosa kata bahasa Arab dan bisa membedakan huruf hijaiyah secara konteks, peningkatan kemampuan berpikir, semangat belajar, maupun hasil belajar mereka. Kemudian, setelah pemberian tes kepada siswa, diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 83,40dan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar79,47, ini mengarah bahwa nilai kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai kelompok kontrol. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di mana penggunaan kemahiran mendengarkandalam pemahaman mengetahui kosa kata bahasa Arab dan bisa membedakan huruf hijaiyah secara konteks pada siswa di sekolah ini efektif, meskipuntingkat efektivitasnya rendah.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35007
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
Dhia Maulida Hasan-FITK16.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.