Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34995
Title: Pengembangan minat dan bakat anak-anak penyandang disabilitas di Yayasan Sayap Ibu Cabang Jakarta
Other Titles: --
Authors: Ika Septi Trisnowati
Advisors: Muhtadi
Keywords: hasil karya terbaik, pelatih/pengajar
Issue Date: Mar-2017
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 2017
Series/Report no.: --;--
Abstract: Berbagai kasus yang terjadi pada anak-anak Indonesia, termasuk kasus penelantaran anak. Terlebih lagi kasus penelantaran tersebut terjadi pada anakanak penyandang disabilitas. Tetapi apapun keadaan yang terjadi pada anak-anak tersebut. Bukan berarti mereka tidak memiliki harapan masa depan yang cerah, sebagaimana harapan setiap anak-anak yang normal fisik dan mental. Bahkan sebenarnya anak-anak penyandang disabilitas juga memiliki bakat/potensi yang sama dan terkadang dapat melebihi anak-anak normal pada umumnya. Oleh karena itu dengan adanya pengembangan minat dan bakat, dapat menjadi media untuk anak-anak penyandang disabilitas di Yayasan Sayap Ibu Cabang Jakarta. Dalam menuangkan apa yang menjadi minat dan bakat yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan minat dan bakat yang dilakukan oleh Yayasan Sayap Ibu Cabang Jakarta kepada anakanak penyandang disabilitas yang diasuhnya. Hambatan dan tantangan yang terjadi atau dirasakan selama proses pelaksanaan pengembangan minat dan bakat tersebut. Dan juga bagaimana hasil pencapaian sejauh ini, dari pengembangan minat dan bakat yang telah berjalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dengan data yang dikumpulkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini berlokasi di Yayasan Sayap Ibu Cabang Jakarta. Program pengembangan minat dan bakat yang dilakukan kepada anakanak penyandang disabilitas di Yayasan Sayap Ibu Cabang Jakarta. Merupakan gagasan yayasan untuk bisa memberi wadah kepada anak-anak dengan minat dan bakat yang mereka miliki. Melalui pengamatan terhadap anak-anak, kemudian melakukan tes minat dan bakat, mencarikan pelatih/pengajar yang sesuai dengan minat dan bakat anak-anak, melakukan penjadwalan pelatihan dengan syarat tidak mengganggu waktu sekolah anak-anak. Karena pendidikan akademik sangat diutamakan oleh pihak yayasan. Pengembangan minat dan bakat yang dilakukan saat ini adalah pada bidang seni lukis dan seni musik. Pelatihan lukis biasanya dengan mengenal dasar-dasar melukis, dimulai dari peralatan dan bentuk-bentuk gambar sederhana. Sedangkan pelatihan musik, anak-anak diajak untuk mencoba berbagai alat musik sampai menemukan alat musik yang mampu dikuasai oleh masing-masing anak, kemudian bersama pelatih menentukan lagu yang akan dimainkan. Hambatan serta tantangan sudah pasti ada, terlebih lagi anak-anak tersebut adalah penyandang disabilitas yang berbeda-beda. Maka daya tangkap atau pemahaman terhadap materi dan metode yang diterapkan oleh masingmasing pelatih/pengajar akan diterima dengan nalar yang berbeda-beda juga. Namun hal tersebut bukanlah suatu hal yang harus ditakutkan. Karena walaupun hambatan dan tantangan menyertai, tetapi anak-anak tetap bisa menampilkan hasil karya terbaik mereka berupa lukisan dan penampilan memainkan alat musik di panggung. Dan sudah dilihat/disaksikan oleh masyarakat umum.
Description: vii, 92 hal,; 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34995
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
IKA SEPTI TRISNOWATI-FDK.pdf6.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.