Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34986
Title: Agenda media majalah gogirl! edisi Juni-Juli 2016 tentang lifestyle remaja modern
Other Titles: --
Authors: Rizky Ananda
Advisors: Tantan Hermansah
Keywords: Lifestyle, Analisis Isi, Agenda Media, Remaja, Gogirl!
Issue Date: Apr-2017
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 2017
Series/Report no.: --;--
Abstract: Media massa merupakan sarana penyebaran informasi. Remaja adalah salah satu pengguna aktif media massa. Sementara, remaja merupakan fase peralihan dari masa anak-anak menjadi dewasa. Selama proses pendewasaan itu, remaja banyak mencari informasi dari berbagai media. Salah satunya majalah dengan segmen khusus, seperti majalah Gogirl!. Seperti kebanyakan majaah remaja lain, majalah Gogirl! banyak memberitakan informasi tentang gaya hidup, dan hal itu seputar bagaimana cara para remaja beraktivitas sehari-hari. Majalah Gogirl! sebagai majalah remaja telah hadir sejak tahun 2005, dan konsisten memberitakan seputar gaya hidup bagi pembacanya sampai sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana majalah Gogirl! memberitakan tentang gaya hidup dalam tiap terbitannya , dengan melihat visibility yaitu jumlah isu tema dari tiap berita, audience salience, yaitu daya tarik dari isu yang diberitakan, dan valence, yaitu menyenangkan atau tidak menyenangkan pemberitaan tersebut bagi pembaca. Selain itu juga untuk mengetahui lifestyle (gaya hidup) moderen seperti apa yang ditampilkan dan dijadikan agenda media oleh majalah Gogirl! pada terbitan bulan Juni – Juli 2016. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian analisis isi (content analysis), dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Tahapan penelitiannya adalah dengan menentukan variabel, definisi operasional dan konseptualisasi tentang lifestyle berdasarkan bentuk-bentuk lifestyle yang dijelaskan oleh Idi Subandy dalam bukunya, lalu kemudian berita-berita tersebut dikelompokan ke dalam bentuk lifestyle seperti apa, diantaranya yaitu fashion, selebrtiti, iklan, mandiri dan hedonisme. Lalu kemudian berita-berita ini dinilai dan dikategorikan oleh koder menggunakan coding sheet agar melihat reliabilitas kategori tema berita gaya hidup tersebut. Cara ini digunakan untuk mencari agenda media, dimana agenda media itu sendiri merupakan hasil proses pemilahan berita mana yang ditonjolkan lebih dari berita lainnya melalui halaman-halaman dalam majalah. Hasil dari penelitian ini adalah majalah Gogirl! memberikan porsi yang berbeda pada tiap kategori penilaian agenda media, untuk indikator luas halaman, berita yang banyak mendapat luas halaman adalah berita fashion, lalu untuk banyak judul berita yang diberitakan, tema berita iklan yang paling banyak muncul judul beritanya, sedangkan untuk penempatan berita sebagai headline, tema berita mandirilah yang paling banyak muncul pada halaman sampul majalah Gogirl!. Penilaian ini melibatkan teks, gambar dan juga ilustrasi yang terkait dalam tiap tema berita. berdasarkan hasil pengamatan dan penilaian dapat diambil kesimpilan bahwa tema berita iklan yang kemudian menjadi agenda media dari majalah Gogirl!. Agenda media dalam suatu media dapat dilihat dari seberapa sering suatu isu muncul atau ditampilkan pada majalah tersebut. Kata kunci: Lifestyle, Analisis Isi, Agenda Media, Remaja, Gogirl!
Description: viii, 99 hal, 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34986
ISSN: -
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
RIZKY ANANDA-FDK.pdf2.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.