Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34907
Title: Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Konsep Keanekaragaman Hayati Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Peer Assisted Learning Strategies (PALS)
Authors: Hanifia Rizky
Advisors: Ahmad Sofyan
Ahmad Danial
Issue Date: 22-Jun-2017
Series/Report no.: Model Pembelajaran PALS, Motivasi Belajar;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik dengan menganalisis masing-masing indikator motivasi yang telah disusun pada kisi-kisi motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan di MAN 11 Jakarta dengan menggunakan teknik pengambilan sampel dengan Random Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 68 peserta didik, yang terdiri dari 34 peserta didik kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan 34 peserta didik kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan wawancara. Berdasarkan data yang diperoleh, skor rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen adalah 67,88, sedangkan rata-rata motivasi belajar kelas kontrol sebesar 60,79.Kategori motivasi belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan model PALS adalah dengan kategori tinggi (50%) dan kategori sedang (50%), sedangkan kelas kontrol, kategori motivasi belajar tinggi hanya (17,65%), kategori sedang (73,53%) dan kategori rendah (8,82%). Dengan demikian, model pembelajaran PALS dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada konsep keanekaragaman hayati.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34907
Appears in Collections:Buku

Files in This Item:
File SizeFormat 
Hanifia Rizky-FITK24.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.