Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34851
Title: Pengaruh Strategi Pembelajaran ECIRR terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa
Authors: UMI MASRURO
Advisors: Dr. Lia Kurniawati, M.Pd
Dra. Afidah Mas'ud
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis
Issue Date: 16-Jun-2017
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran ECIRR (Elicit,Confront, Identify, Resolve, Reinforce). Penelitian dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain posttest-only control group design. Sampel penelitian sebanyak 53 siswa yang terdiri dari 26 siswa kelas eksperimen dan 27 siswa kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster sampling. Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah perlakuan menggunakan instrumen tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ECIRR lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional. Rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ECIRR pada indikator menganalisis argumen sebesar 84,62, menarik kesimpulan sebesar 68,27, mengidentifikasi asumsi sebesar 73,08 dan memutuskan suatu tindakan sebesar 40,38. Sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional pada indikator menganalisis argumen sebesar 85,19, menarik kesimpulan sebesar 44,91, mengidentifikasi asumsi sebesar 24,07, dan memutuskan suatu tindakan sebesar 23,15. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran ECIRR berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34851
Appears in Collections:Buku

Files in This Item:
File SizeFormat 
UMI MASRURO-FITK23.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.