Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34839
Title: Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Kepramukaan di MI MWB PUI At-Tahdiriyyah Kabupaten Sukabumi
Authors: Alwan Nahrowi Ridwan
Advisors: Dr. Salman Tumanggor, MPd
Dra. Raudhah, M.Pd
Keywords: Pembentukan Karakter;Kepramukaan
Issue Date: 2017
Abstract: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan dianalisa dengan pendekatan analisis deskriptif. Berdasarkan kebutuhan penelitian ditentukan sumber data primer yaitu Pembina Pramuka, sedangkan sumber data sekunder yaitu Kepala Sekolah dan siswa kelas 5 yang aktif mengikuti kegiatan kepramukaan tingkat penggalang. Adapun teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, studi dokumen, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini mendapatkan beberapa hal penting: Pertama, kegiatan kepramukaan di MI MWB PUI At-Tahdiriyyah Kabupaten Sukabumi berjalan dengan baik yaitu dengan adanya dukungan dari pihak sekolah yang memberikan jadwal khusus setiap hari jumat, memiliki visi dan misi sebagai tolok ukur dalam membentuk karakter siswa, materi kepramukaan mengacu pada Syarat Kecakapan Umum yang meliputi aspek pengetahuan, keterampilan dan kepribadian, bentuk kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan mengandung prinsip belajar sambil praktik (learning by doing), dan sarana prasarana yang cukup memadai. Kedua, upaya Pembina Pramuka dalam membentuk karakter siswa berada pada kategori baik, yaitu melalui pengamalan Dasa Darma di lingkungan sekolah dengan membuat kegiatan yang menarik, menyenangkan dan mengandung nilai pendidikan, memahami dan memfasilitasi siswa sesuai dengan kebutuhannya, memberikan sanksi (punishment) yang mendidik kepada siswa yang melanggar aturan.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34839
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Alwan Nahrowi Ridwan-FITK4.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.