Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34821
Title: Pengaruh LKS Berbasis Problem Based Instruction (PBI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Termodinamika
Authors: Fitri Cahya Ningrum
Advisors: Dwi Nanto
Issue Date: 9-Jun-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKS berbasis Problem Based Instruction terhadap hasil belajar siswa pada konsep termodinamika. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 SMA Negeri 18 Kabupaten Tangerang. Penelitian berlangsung selama tiga minggu pada t a n g g a l 0 2-19 Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa tes objektif pilihan ganda dan instrumen nontes berupa angket dan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan analisis data tes, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh LKS berbasis Problem Based Instruction terhadap hasil belajar siswa pada konsep termodinamika. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji mann whitney pada 𝛼 = 0,05. Hasilnya adalah nilai -Zhitung -3,78 sedangkan -Ztabel -1,96. Terlihat bahwa nilai -Zhitung < -Ztabel, sehingga H0 ditolak. Selain itu, peningkatan nilai ratarata hasil belajar siswa menggunakan LKS berbasis Problem Based Instruction lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan LKS penerbit, yaitu meningkat sebesar 34,61. Hasil belajar siswa kelompok eksperimen juga lebih unggul pada ranah kognitif tingkatan C1 (mengingat), C2 (memahami), C3 (menerapkan), dan C4 (menganalisis). Selanjutnya berdasarkan analisis data nontes berupa hasil observasi aktivitas siswa, pembelajaran menggunakan LKS berbasis Problem Based Instruction pada konsep termodinamika dapat dilaksanakan dengan baik oleh siswa dengan persentase sebesar 72,29%. Hasil analisis angket respon siswa juga menunjukkan bahwa penerapan LKS berbasis Problem Based Instruction berada pada kategori baik yaitu sebesar 74,60%. Kata kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS), Problem Based Instruction, Hasil belajar siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34821
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Fitri Cahya Ningrum-FITK8.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.