Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34782
Title: Respon kepuasan pengguna line terhadap pemberitaan dan pemilihan judul berita dalam fitur line today
Other Titles: --
Authors: Annisa Rahmah
Advisors: Noor Bekti Negoro
Keywords: Media Online;LINE TODAY;Motif;Kepuasan
Issue Date: Apr-2017
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia terus meningkat termasuk pengguna media sosial. Khalayak bebas menggunakan internet termasuk media massa online sesuai dengan keinginannya. Hampir satu tahun belakangan aplikasi pesan instan LINE telah mengeluarkan fitur baru bernama LINE TODAY yang menyajikan kumpulan-kumpulan berita dari berbagai portal berita online. Media berbasis internet umumnya lebih menekankan kecepatan daripada akurasi. Mereka memikat pembaca menggunakan judul yang fenomenal dan provokatif. Termasuk di dalamnya adalah berita-berita yang dibagikan oleh LINE TODAY. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan serta respon kepuasan mahasiswa FIDKOM UIN Jakarta pengguna LINE terhadap pemberitaan dalam fitur LINE TODAY. Teori yang digunakan untuk penelitian ini adalah Teori Uses and Gratifications yang dikembangkan oleh Elihu Katz, Jay Blumler, dan Michael Gurevitch pada tahun 1974. Inti dari teori ini adalah bahwa khalayak pada dasarnya mengonsumsi media massa berdasarkan motif-motif tertentu. Dalam teori ini terdapat konsep utama yakni Gratification Sought dan Gratification Obtained yang digunakan untuk mengukur kepuasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan Sampling Quota. Kemudian data diolah dengan program Ms. Excel dan SPSS 22. Tingkat kepuasan diukur menggunakan nilai standar deviasi dan rata-rata.Uji beda rata-rata dilakukan dengan Uji T-Test, dan Uji Chi-Square digunakan untuk mengetahui perbedaan respon pada masing-masing karakter responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan Mahasiswa FIDKOM UIN Jakarta Angkatan 2014 yang merupakan pengguna LINE adalah sedang. Kemudian diketahui pula kalau responden tidak puas terhadap apa yang mereka harapkan terhadap fitur LINE TODAY yang dilihat dari nilai Gratification Sought lebih besar daripada Gratification Obtain dengan perbedaan yang signifikan. Selain itu, juga tidak terdapat perbedaan respon yang signifikan di antara keragaman karakter pada responden. Dengan demikian, penulis berharap agar LINE TODAY dapat menyajikan berita yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya serta semoga masyarakat dapat mengontrol pola konsumsi media mereka. Serta dapat dilakukan pengembangan dari penelitian ini dengan data kontrol lain yang lebih merepresentasikan pengguna LINE secara umum. Kata kunci: Media Online, LINE TODAY, Motif, dan Kepuasan.
Description: xi, 102 hal,; 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34782
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ANNISA RAHMAH-FDK.pdf1.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.