Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34764
Title: Pengaruh Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa pada Konsep Hukum Newton
Authors: Mochamad Feby Sumantri
Advisors: Iwan Permana Suwarna, M.Pd
Keywords: Metode pembelajaran thinking aloud pair problem solving (TAPPS), Penalaran Adaptif Matematis, Deduktif Intuitif, Induktif Intuitif.
Issue Date: 2-May-2017
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran thinking aloud pair problem solving (TAPPS) terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis siswa SMA pada konsep hukum Newton. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 11 Jakarta pada bulan Januari sampai Februari 2017. Sampel diambil secara purposive sampling yang terdiri dari kelas X MIA 1 (kelas eksperimen) dan kelas X MIA 2 (kelas kontrol). Jumlah siswa kedua kelas sama yaitu 34 siswa, total sampel 68 siswa. Hasil pengujian hipotesis dengan uji Mann-Whitney pada α=0,05 diperoleh nilai probabilitas0,000 kesimpulan yang didapat adalah H0 ditolak. Metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berpengaruh terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis siswa. Kemampuan penalaran adaptif matematis siswa kelas eskperimenmeningkat lebih tinggi (N-gain 0,67 (sedang)), dibandingkan dengan siswa kelas kontrol (N-gain 0,27 (rendah)). Siswa tertarik mengikuti pembelajaran dengan metode thinking aloud pair problem solving (TAPPS)(72%).Kemampuan penalaran adaptif matematis paling menonjol pada kelas eksperimen adalah indikator deduktif intuitif. N-gain0,67 (kategori sedang). Skor N-gain kelas kontrolpada indikator deduktif intuitif adalah 0,34 (kategori sedang).
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34764
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Mocamad Feby S-FITK308.6 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.