Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34763
Title: Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Konsep Jaringan Tumbuhan
Authors: Mariam Nurfadilah
Advisors: Ahmad Sofyan
Yuke Mardiati
Keywords: model pembelajaran, model brain based learning, hasil belajar biologi.
Issue Date: 24-May-2017
Publisher: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model brain based learning terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep jaringan tumbuhan. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Cikarang pada bulan agustus tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 68 siswa, 34 siswa untuk kelas eksperimen dengan menggunakan model brain based learning dan 34 siswa untuk kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan tes hasil belajar berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 30 butir soal yang tealah diuji keabsahannya. Pengujian statistika dari kedua kelas menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung sebesar 1,87 dan ttabel sebesar 1,66 hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga H0 diterima pada taraf signifikan α = 0,05. Hal penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model brain based learning terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep jaringan tumbuhan.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34763
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Mariam Nurfadilah-FITK378.91 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.