Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34762
Title: Pengaruh Metode Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap kemampuan Bertanya dan Pemahamn Konsep Sistem Peredaran Darah
Authors: Putri Yuliandari
Advisors: Nengsih Juanengsih, M.Pd
Yuke Mardiati, M.Si
Keywords: Metode PQ4R, Kemampuan Bertanya, Pemahaman Konsep
Issue Date: 26-May-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran PQ4R terhadap kemampuan bertanya dan pemahaman konsep sistem peredaran darah manusia.Penelitian dilaksanakan di SMAN 8 Tangerang Selatan pada bulan November 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (kuasi eksperimen), dengan desain penelitian tipe Pretest-Posttest Control Class Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 3 yang terdiri dari 38 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 2 yang terdiri dari 38 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal-soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya serta instrument nontes berupa lembar wawancara dan observasi. Data hasil instrument tes, dianalisis dengan uji statistik berupa uji perbandingan nilai pretest dan posttest kedua kelas, sedangkan data hasil instrumen nontes dianalisis secara kualitatif dan digunakan untuk mengetahui kemampuan bertanya siswa dan keterlaksanaan proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan bertanya siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kelas eksperimen berdasarkan jenjang kognitif diperoleh hasil C1 terdapat 77 pertanyaan (47%), C2 terdapat 61 pertanyaan (37%), C3 terdapat 19 pertanyaan (11%), C4 terdapat 8 pertanyaan (5%), C5 dan C6 tidak ada pertanyaan (0%). Sedangkan kelas kontrol diperoleh hasil C1 terdapat 71 pertanyaan (53%), C2 terdapat 53 (40%), C3 terdapat 9 pertanyaan (6%), C4 terdapat 1 pertanyaan (1%), C5 dan C6 tidak ada pertanyaan (0%). Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep pada kedua kelas. Pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t terhadap kedua nilai posttest. Hasilnya adalah nilai t hitung 2,873 sedangkan nilai t tabel1,993pada taraf signifikan 5%. Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak, dengan demikianterdapat pengaruh metode pembelajaran PQ4R terhadap kemampuan bertanya dan pemahaman konsep sistem peredaran darah manusia. Kata Kunci: Metode PQ4R, Kemampuan Bertanya, Pemahaman Konsep
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34762
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
PUTRI YULIANDARI-FITK19.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.