Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34761
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Dipadu dengan Kartu Sortir (Card Sort) Terhadap Hasil belajar Siswa pada Konsep Sistem Gerak
Authors: Ta'diyah Basithoh
Advisors: Baiq Hana Susanti, M.Sc
Yuke Mardiati, M.Si
Keywords: Model Pembelajaran STAD, Kartu Sortir (card sort), Hasil Belajar.
Issue Date: 26-May-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD) Dipadu dengan kartu sortir (card sort) terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem gerak. Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Tangerang Selatan di kelas XI IPA 1 (kelas kontrol) dan XI IPA 3 (kelas eksperimen) Tahun ajaran 2016/2017. Pembelajaran model STAD dipadu dengan kartu sortir dilakukan di kelas eksperimen dan pembelajaran model STAD di kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Two group pretest posttest design. Pada penelitian ini sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel dari kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda. Hasil analisis data untuk kelas eksperimen dan kontrol menggunakan uji t diperoleh hasil t hitung 2,21 dan t tabel 1,993 pada taraf signifikan 5 %, maka thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dipadu dengan kartu sortir berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem gerak. Kata kunci : Model Pembelajaran STAD, Kartu Sortir (card sort), Hasil Belajar.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34761
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
Ta’diyah Basithoh 1112016100045 Watermark.pdf39.31 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.