Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34760
Title: Hubungan Kemampuan Guru Mengelola Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa di SMK Citra Nusantara Panongan Kabupaten Tangerang
Authors: Idah Maulidah
Advisors: Dra. Mu'arif SAM, M.Pd
Dra. Nurdelima Waruwu, M.Pd
Keywords: pengelolaan kelas, motivasi belajar
Issue Date: 26-May-2017
Publisher: Idah Maulidah
Series/Report no.: idah;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan kemampuan guru mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa di SMK Citra Nusantara Panongan Kabupaten Tangerang. Populasitarget dalam penelitian iniadalahseluruhsiswaSMKCitra Nusantara Panongan Kabupaten Tangerang, sedangkanpopulasiterjangkauyaituhanya siswa kelas XIyangberjumlah 420siswa.Karena populasi ini lebih dari 100 maka sampel penelitian diambil 15% dari populasi terjangkau (63 siswa). Pendekatan yang digunakan adalahkuantitatif dengan metode korelasi, sedangkan teknik pengumpulan data utama menggunakan angket dan studi dokumen sebagai data tambahan. Dari hasil perhitungan uji korelasi dengan menggunakan rumus product moment diperoleh angka korelasisebesar 0,650%. Dengan demikan, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan guru mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa. Artinya antara kemampuan guru mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa mempunyai hubungan yang cukup baik. Sebagian kecil motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh pengelolaan kelas yang baik. Dapat diketahui juga dari status guru, sebagian kecil GTY (Guru Tetap Yayasan) dan sebagian besar guru honorer. Kondisi seperti ini akan menyebabkan kesulitan pihak sekolah untuk meminta guru tidak tetap berada di sekolah secara utuh sehingga akan kesulitan melakukan bimbingan secara optimal kepada peserta didik, karena guru honorer biasanya mengajar dibeberapa sekolah. Koefesien determinasi sebesar 42,25% menunjukkan bahwa pengelolaan kelas memberikan kontribusi dengan variabel motivasi belajar siswa sebesar 42,25% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru untuk lebih meningkatkan motivasi belajar siswa dan kepala sekolah hendaknya secara intensif memberikan motivasi dan bimbingan kepada guru-guru untuk lebih meningkatkan pengelolaan kelas, serta pengawasan terhadap pengelolaan kelas yang dilakukan guru. Tanpa adanya pengawasan yang intens tidak menutup kemungkinan kinerja guru akan menurun. Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar Siswa
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34760
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
Idah Maulidah - FITK3.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.