Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34754
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Problem based Writing with Peer Review (PW-PR) Terhadap Keterampilan Proses Sains pada Konsep Sistem Pencernaan
Authors: Devi Safrida
Advisors: Nengsih Juanengsih
Saiful Bahri
Keywords: Model Pembelajaran, Problem based Writing with Peer Review (PW-PR) dan Keterampilan Proses Sains
Issue Date: 19-May-2017
Publisher: FITK UIN JKT
Abstract: Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem based Writing with Peer Review (PW-PR) terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep sistem pencernaan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 34 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 36 siswa pada kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem based Writing with Peer Review (PW-PR) dan sampel yang berjumlah 34 siswa untuk kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran sainstifik. Pengambilan data menggunakan instrumen tes keterampilan proses sains berbentuk uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data keterampilan proses kedua kelompok menggunakan Uji-t diperoleh thitung 3,70 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1.99, maka thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem based Writing with Peer Review (PW-PR) terhadap keterampilan proses sains pada materi sistem pencernaan.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34754
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Devi Safrida-FITK387.85 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.