Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34749
Title: Pengaruh Model Problem Solving Laboratory terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Harmonis Sederhana
Other Titles: The Effect Problem Solving Laboratory Model Toward Student Result in the Concept of Simple Harmonic Motion
Authors: Ridhwan Dery Iradat
Advisors: Fathiah Alatas
Issue Date: 18-Apr-2017
Abstract: Laboratorium merupakan salah satu sarana yang dapat membantu siswa belajar fisika. Namun, pelaksanaan kegiatan praktikum pada umumnya kurang memberikan efek yang maksimal untuk membantu siswa memahami konsep gerak harmonis sederhana. Peneliti mencoba menyelesaikan permasalahan ini dengan menerapkan model pembelajaran problem solving laboratory untuk mengetahui pengaruh model tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Terdapat dua kelas untuk dijadikan sampel penelitian yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel terdiri dari 26 siswa pada masing-masing kelas. Berdasarkan pengujian hipotesis statistik menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung sebesar 8,422 dan ttabel sebesar 2,008 sehingga ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘”>๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™. Hasil tersebut menyimpukan bahwa model problem solving laboratory berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak harmonis sederhana. Selain itu, model problem solving laboratory memberikan dampak yang positif bagi proses pembelajaran fisika di laboratorium.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34749
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Ridhwan Dery Iradat-FITK4.8 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.