Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34741
Title: Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis
Authors: Mayang Maharani
Advisors: Siti Nuri Nurhaidah
Keywords: efektivitas pembelajaran, pembelajaran bahasa, dan keterampilan menulis.
Issue Date: 10-May-2017
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: tujuan dari pada penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia bagi penutur asing untuk meningkatkan keterampilan menulis pada peserta didik di kelas BIPA. Sehingga bisa menjadi acuan dalam mengajarkan Bahasa Indonesia bagi penutur asing. Era globalisasi memberi peluang yang luas bagi bangsa Indonesia untuk mengembangkan diri. Populasi penduduk, letak goegrafis, keindahan alam, kebudayaan, dan perusahaan yang berinvestasi menjadi beberapa alasan yang menyebabkan banyak orang asing yang datang ke Indonesia. Untuk memperkenalkan itu semua maka dibutuhkan sarana komunikasi, yaitu bahasa. Orang-orang asing yang tertarik datang ke Indonesia tentu harus mempelajari bahasa Indonesia jika ingin mengenal Indonesia lebih dekat. Saat ini pengajaran bahasa Indonesia mulai dilirik dan diminati oleh warga negara lain. Situasi ini sangat menguntungkan bagi para pengajar bahasa Indonesia untuk penutur asing. Namun kendala yang dihadapi adalah pembelajar asing sering menemui kesulitan dalam menggunakan bahasa Indonesia terutama keterampilan menulis. Oleh karena itu skripsi ini akan membahas pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing yang efektif sehingga pembelajar dapat dengan mudah menangkap materi dan mempraktekkannya dalam bentuk tulisan. Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi yaitu penulis meneliti suatu objek yang dipaparkan secara lengkap dan jelas tentang segala hal mengenai objek yang diteliti. Untuk mendapatkan data, penulis mengumpulkan data kemudian menganalisisnya berdasarkan taksonomi kesalahan berbahasa. Penelitian ini memfokuskan diri pada hasil identifikasi kesalahan yang sering dilakukan peserta didik yang akan menentukan efektivitas pembelajaran yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa: 1. Peserta didik masih kesulitan dalam menulis kalimat efektif. Hal ini dapat dilihat dari persentase penulisan kalimat efektif Misaki 54,86% dan Yuko 32,91%. 2. Tulisan perseta didik sudah dapat dipahami oleh pembaca. Hal ini dapat dilihat dari pesentase deiksis kedua peserta didik yaitu 100% dan penggunaan EyD yang benar untuk Misaki 65,27% dan Yuko 94,936%. Jadi simpulan berdasarkan hasil analisis data tersebut adalah pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing di Pusat Pelayanan Bahasa dan Program BIPA STBA LIA dengan metode ceramah dan metode koreksi parafrase, sudah efektif.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34741
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Mayang Maharani-FITK4.72 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.