Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34735
Title: Penerapan pendekatan contextual teaching and learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV
Authors: Wajito
Advisors: Faridal Arkam
Keywords: pendekatan konstekstual dan hasil belajar
Issue Date: 5-May-2017
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV MIS Hidayatul Anam, Jakarta Selatan yang berjumlah 30 siswa pada semester ganjil tahu ajaran 2014-2015. Penelitian kelas dilakukan dalam tiga siklus, yaitu siklus pertama sumber daya alam Indonesia dengan menggunakan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat, pada siklus kedua pada materi keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi), sedangkan pada siklus ketiga pada materi peninggalan sejarah manfaat peninggalan sejarah dan cara menjaga peningglan sejarah di lingkungan setempat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes objektif pilihan ganda, lembar observasi rangkaian pembelajaran yang dilakukan guru, lembar observasi aktivitas siswa terhadap pembelajaran dan catatan lapangan. Teknis analisis data secara kuantitatif hasil perhitungan rata-rata skor tes hasil belajar siswa dan aktivitas siswa pada siklus I, siklus II, dan siklus III. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan N-Gain, pada siklus I diperoleh hasil rata-rata N-Gain 0,42 dengan kategori sedang, siklus II diperoleh hasil rata-rata N-Gain 0,58 dengan katergori sedang dan siklus III menunjukkan N-Gain 0,72 dengan kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa menggunakan pendekatan kontesktual terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Pencapaian hasil belajar tersebut didukung pula oleh rata-rata tes hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,67, pada siklus II sebesar sedangkan pada siklus III sebesar 89,83% dan rata-rata presentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 73,33%, pada siklus II adalah 87,91%, sedangkan pada siklus III adalah 93,33%, hal ini menunjukkan aktivitas siswa meningkat. Dengan demikian upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui pendekatan konstektual dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34735
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
WAJITO-FITK.pdf17.72 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.