Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34731
Title: The students' error in using punctuation marks in narrative writing
Authors: Hammam Nasrudin
Advisors: Alek
Dadan Nugraha
Keywords: analysis, grammatical error, interrogative of reported speech
Issue Date: 31-Jul-2015
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini bertujuan mengetahui jenis dan penyebab kesalahan tata bahasa dalam penggunaan Punctuation Marks yang dilakukan oleh siswa kelas X- 1 SMK YMJ Ciputat. Metode penelitian ini adalah kualitatif dalam bentuk deskriptif analisis, dengan menggunakan rumus: P = F/N. Data diambil dari hasil tes siswa dengan mengikuti prosedur pada metode tersebut yaitu menghimpun data siswa, menganalisanya, mendeskripsikan kesalahan yang terdapat pada tulisan siswa, kemudian mengambil langkah interpretasi data dan langkah terakhir menyimpulkan hasil penelitian ini. Total populasi berjumlah 60 siswa, tetapi hanya kelas X-1 yang berjumlah 20 siswa yang diambil sebagai sampel. Dalam mengumpulkan data, peneliti memberikan tes dalam bentuk essay (menaruh tanda baca yang sesuai). Hasilnya menunjukkan bahwa kesalahan yang paling banyak adalah period 44.3%, comma 42.5%, semicolon 44.16%, apostrophe 63%, dan question 0%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kebanyakan siswa kelas XI-1 SMK YMJ Ciputat banyak membuat kesalahan pada pilihan tanda baca. Alasan mengapa mereka membuat kesalahan tersebut karena mereka tidak mengetahui batasan dan aturan pada structure and context yang ada.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34731
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
HAMMAM NASRUDIN-FITK.pdf5.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.